Konsep Pemanfaatan Internet Untuk Pendidikan Berbasis E-Learning di Bojonegoro, Menindak
lanjuti dari live tweet yang saya kirimkan ke bapak bupati bojonegoro @KangYotoBjn, Mengenai mengenai strategi
pembelajaran di era digital dalam memaksimalkan program Bojonegoro Digital Society, maka dengan ini saya akan menjabarkan beberapa
konsep untuk mewujudkan pendidikan dibojonegoro berbasis e-learning.
Yakni mengenai strategi pembelajaran digital .. yg mengarah kepada pembentukan Digital School / sekolah digital @KangYotoBjn #HJB336
— Chairul Fadheli (@CFadheli) 22 November 2013
Tiga pilar utama konsep sekolah digital ialah komputer, internet dan content. Dua yang pertama merupakan infrastruktur yang tergantung dari luar, yakni vendor dan penyedia teknologi. yang awalnya dapat dipilih tetapi selanjutnya harus mengikuti sistem tersebut. pilar ketiga yakni content, materinya sangat bervariasi namun tentunya harus sesuai pemakai
Dalam
sekolah digital yang dimaksud dengan pemakai ialah siswa - guru - staf
administrasi, oleh karena itu content yang baik jika mencakup ketiganya. untuk
mendapatkan kesuksesan penerapan sekolah digital dari sisi pembelajaran (siswa
- guru) maka content yang dihasilkan guru memiliki peran yang cukup besar kalau
tidak mau dikatakan yang utama.
>> BLOG DAN EMAIL <<
Blog
Dalam
sekolah digital , selain pertemuan kelas adalah memanfaatkan jaringan internet. Tahap awal adalah komunikasi satu arah dengan
menampilkan materi pelajaran dalam blog guru , sehingga siswa dapat melakukan
download materi-materi digital untuk selanjutnya dipelajari. Selain itu, dapat
juga untuk menampilkan file pekerjaan siswa sehingga dapat dipelajari oleh
rekan siswa lainnya.
Pada
tahap ini yang ideal adalah para guru dapat membuat sendiri Blognya, mengapa
demikian ? Seperti halnya produk karya tulis lainnya, tentu akan berbeda jika
suatu ide dapat ditulis sendiri dengan ide yang dituliskan orang lain. Karena
bagaimanapun juga suatu karya tulis akan mempunyai karakter yang khas dari
penulis itu sendiri. Untuk suatu content blog yang terbatas, program MS-Word
dan MS-PowerPoint telah menyediakan fitur untuk mengubah formatnya ke format html
yang selanjutnya dapat di upload ke server.
Pemanfaatan internet dalam diskusi kelompok Foto : Didik Setiawan |
Pelatihan Blog untuk Guru Foto : Komunitas Blogger Bojonegoro |
Email
Tahap
selanjutnya adalah membentuk komunikasi dua arah melalui email. Untuk memulai
komunikasi dapat dibuat tugas ke siswa yang pengumpulannya melalui email. dengan
memberi tenggat waktu pengumpulan diharapkan siswa segera mengerjakannya. jika
siswa tidak mengumpulkan tugas sesuai tenggat waktu yang diberikan, maka tugas
itu mereka tidak mendapatkan nilai.
tugas email ini dapat diumumkan di blog guru tersebut, dan diumumkan secara terbuka di blog siapa - siapa saja yang telah mengirimkan tugas via email.
KESIMPULANNYA ??
0 komentar :