Cara Mengunci File Word 2007 Agar tidak Bisa di Edit atau di Copy

By | 19.36 Leave a Comment
Cara Mengunci File Word 2007 Agar tidak Bisa di Edit atau di CopyApakah anda pernah merasa malas sekali jika ada orang yang seenaknya minta file pekerjaan kita? Anda telah menghabiskan waktu dan tenaga untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dan ada seseorang yang “tanpa” berusaha meminta file word pekerjaan kita. Jengkel kah anda? Nah kali ini saya akan memberikan beberapa tips yang dapat membuat anda sedikit bernafas lega dan tidak uring – uringan dalam hati. Yakni dengan cara memproteksi file word kita.

Memproteksi file Word ini apa? Yakni mengamankan isi file pekerjaan kita dari tindakan para pengcopas dan pengedit. Oh ya dalam hal ini saya akan mempraktekkannya pada MS.Word 2007, dan mungkin ini akan sama pada MS.Office 2010 (karena saya juga belum pakai yang 2010 hehe). Oke anda siap?
  1. Langkah pertama yakni buka terlebih dahulu file word yang ingin anda proteksi.
  2. Pilih menu Review pada tab file MS.Word anda. Lalu pilih Protect Document dan kemudian pilih Restrict Formatting and Editing.
  3. Setelah itu akan akan muncul tampilan task pane di sebelah kanan, Beri centang pada pilihan “Allow Only This Type Of Editing In The Document“, lalu pilih “Filling In Forms”.
  4. Untuk memproteksi/memberi password, klik “Yes, Start Enforcing Protection“, dan masukkan password-nya. password ini berguna untuk membuka proteksi yang kita buat.
Sebagai informasi saja pada langkah ke-3 pilihan “Allow Only This Type Of Editing In The Document”, yaitu :
  • Tracked Change : kita masih bisa mengedit document tersebut.
  • Comment : saat kata diganti akan muncul komentar, kata apa saja yang dihapus.
  • Filling In Form : hanya bisa dibaca saja, tidak bisa diedit, dan tidak bisa di copy .
  • No Change (Read Only) : hanya bisa dibaca, tidak bisa di edit, tapi bisa di copy.
Semoga Bermanfaat ...
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar :