Outbond STMIK Duta Bangsa Surakarta 2014 di Tawangmangu

By | 23.30 3 comments
Outbond STMIK Duta Bangsa Surakarta 2014 di TawangmanguBerbicara outbond memang tak lepas dari kegiatan luar ruangan. Outbond sendiri merupakan salah satu metode pembelajaran modern yang memanfaatkan keunggulan alam. Para peserta yang mengikuti outbound tidak hanya dihadapkan pada tantangan intelegensia, tetapi juga fisik dan mental. Dan ini akan terus terlatih menjadi sebuah pengalaman yang membekali dirinya dalam menghadapi tantangan yang lebih nyata dalam persaingan di kehidupan sosial masyarakat.

Kamehame sebagai penyemangat suasana
Oubond sendiri Memang sudah menjadi acara “ritual” tahunan di kampus tempat saya menuntut ilmu yang di tujukan bagi mahasiswa baru. Dan seperti pada tahun – tahun sebelumnya outbond dilaksanakan di daerah Tawangmangu Karanganyar. Kenapa disitu? Ya embuh .. mungkin saja karena tempat itu cocok sekali digunakan dalam kegiatan luar ruangan. Dengan suasana yang sejuk menjadikan aura disana aga berbeda dengan tempat lain.

Briefing Panitia
Kegiatan outbond di mulai siang sekitar pukul 11.00 WIB, semua peserta outbond di kumpulkan di lapangan untuk mengikuti kegiatan upacara pembukaan. Seluruh peserta dan panitia mengikuti upacara pembukaan (kecuali saya). Kenapa tidak ikut? Karena kapasitas saya disini sebagai wisatawan #eh .. bukan ding .. namun lebih pas nya disini saya mengisi kekosongan jatah dosen yg seharusnya ikut.. tugas nya apa emang? Memantau kegiatan yang berlangsung sambil foto – foto buat ngisi postingan blog #eh .. dan sebagai ajang penyegaran fikiran, tahu sendiri lah saat ini saya lagi Berjuang Menakhlukan Skripsi. #SambilNataRambut

Padahal saya ini foto sendiri (Jangan-jangan ..?)

Trio Mahut yang tidak diragukan lagi
Setelah pembukaan selesai, kegiatan selanjutnya adalah pengenalan. Yakni peserta dikenalkan dengan para instruktur dan para panitia yang akan mendampingi mereka selama kegiatan outbond berlangsung. Dengan pembawaan yang ceria membuat para peserta sangat antusias. Lalu dilanjut dengan pembentukan kelompok, yang mana tiap kelompok harus membuat sebuah yel – yel yang unik untuk digunakan sebagai penyemangat untuk team dan sebuah kata kunci di tiap pos.

Masuk ke acara inti, semua kelompok di arahkan langsung di tiap pos games tantangan. Ada berbagai macam games tantangan yang harus di lewati para peserta. Berikut adalah gambaran game – game nya.







Di tengah – tengah kegiatan outbond berlangsung, ada salah satu pembicaraan yang membuat saya lumayan #Greget.. yakni dari bapak EDI SKP. “Nanti malam saya akan mengerjai seseorang”. Ngerjain siapa pak? Saya? Ujar saya sambil bercanda. Ya gpp mas kalau sampean menawarkan diri, ujar beliau. Dan semakin penasaran pula saya ini, lalu saya bertanya lagi, Emang ngerjain kaya gimana pak? Tanya saya semakin penasaran. Ya nanti sampean saya suruh tiduran saja.. nanti saya naik motor trail dan sampean akan saya lindas.. kalau sampai ada yang lecet tak kasih duit.. “iya pak gak bakal lecet, tapi langsung borokan” ujar saya dalam hati. Kemudian hanya melongo dan menyesali sekali karena telah menawarkan diri. Penyesalan selalu datang belakangan.

Pak Edy (hijau) diskusi dengan Pak Edy (Hitam) -_-
Ini foto dipernikahan atau apa saya lupa
Setelah seluruh rangkaian kegiatan seharian selesai, seluruh peserta dan panitia outbond di arahkan ke Villa penginapan (karena esoknya masih ada kegiatan lagi). Setelah semua membersihkan diri, seluruh peserta di kumpulkan di Aula Villa yang telah disediakan untuk mengikuti acara selanjutnya, Berhubung bukan peserta dan panitia maka saya dan febrian menikmati dinginnya tawangmangu di sebuah kedai warkop (padahal menghindari skenario ditabrak motor trail, Namun ternyata selidik punya selidik skenario itu tidak jadi dilakukan..).

Keesokan hari nya kegiatan Outbond berlanjut dengan agenda jelajah. yakni menjelajah di area pegunungan yang nantinya tiap kelompok harus menyelesaikan tugas - tugas yang di berikan di tiap pos yang telah disediakan. nah berhubung kebagian pos ke-2 (aslinya g dapet, cuman ikut-ikutan aje). bagian sini ngapain? Yaitu tiap peserta diharuskan melewati rintangan spider (istilah ini saya buat sendiri soalnya ga tau namanya apa lupa). jadi para peserta dilarang melewatinya di atas tali, harus dibawah tali nya .. kurang lebih begitu .. sebelum peserta datang ya perlu di coba sambil memberi contoh (penjaga pos kok ga basah)..

Sambil nyelem basah-basahan
Tak hanya itu saja rintangannya.. ada kurang lebih 5 pos yang harus dilewati para peserta dan rintangan di tiap pos berbeda. Berhubung  saya pos yang ke-2 setelah selesai saya balik langsung ke penginapan untuk bersih-bersih diri lebih awal (nyuri waktu). dan setelah semua selesai, pada hari itu juga kita packing untuk kembali ke kampung halaman. banyak manfaat yang dapat dipetik dalam kegiatan ini diantaranya :
  1. Komunikasi efektif (effective communication)
  2. Pengembangan tim (team building)
  3. Pemecahan masalah (problem sulving)
  4. Kepercayaan diri (self confidence)
  5. Kepemimpinan (leadership)
  6. Kerja sama (sinergi)
  7. Permainan yang menghibur dan menyenangkan (fun games)
  8. Konsentrasi/fokus (concentration)
  9. Kejujuran/sportivitas.
Ragam manfaat tersebut bermuara pada tercapainya pengembangan diri (personal development) dan tim (team development) yang dapat dirasakan oleh para peserta. Karena sukses seseorang dalam kehidupannya, terutama dalam karier bisnis dan organisasi, sangat ditentukan oleh kepercayaan diri (self efficacy), kemampuan mengontrol emosi, dan kemampuan berinteraksi dengan orang lain. Para pakar di bidang kecerdasan emosi berpendapat bahwa sukses dalam karier di perusahaan (juga di ranah kehidupan lainnya) lebih ditentukan oleh kecerdasan emosional dibandikan dengan kecerdasan intelektual. Oleh karena itu, upaya untuk mengembangkan kecerdasan emosional mendapat perhatian yang semakin besar. :)
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

3 komentar :

  1. itu stmik duta bangsa bojonegoro yaa....soalnya saya angkatan 2014 stmikdb surakarta, outbond saya gak kaya itu....hhhee seragam sama orang nya juga asing hhh

    BalasHapus